BAB IV. Program Perioritas Nasional (PPN)
KRITERIA 4.1.1. |
Elemen Penilaian |
REGULASI |
DOKUMEN |
WAWANCARA |
EP 1 |
Ditetapkannya indikator dan target
kinerja stunting disertai analisis capaiannya (R,D,W) |
1.SK penetapan indikator dan Target Kinerja Pencegahan dan Penurunan Stunting ,
2. Ada Pedoman Pecegahan dan Penurunan Stunting, 3.
Ada SOP-SOP Terkait |
Ada evaluasi secara priodik, ada hasil analisa pencapaian kinerja, ada
penetapan masalah, ada rencana pemecahan masalah/ RTL dan TL nya. (GAUN, RUK dan RPK) |
1. Kapusk, 2. Pengelola Pelayanan Gizi,… proses pemilihan dan pebetapan indikator dll |
EP 2 |
Ditetapkan program pencegahan dan penurunan stunting. (R) |
Ada Program kerja pencegahan dan penurunan stunting (tdk perlu berbentuk SK, karena Program kerja itu sendiri sudah termasuk sebagai dokumen regulasi ) |
|
|
EP 3 |
Kegiatan pencegahan dan
penurunan stunting dalam bentuk intervensi gizi spesifik dan sensitif dikoordinasikan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang disusun bersama lintas program dan lintas sektor
sesuai dengan kebijakan, pedoman/panduan, prosedur dan kerangka acuan yang telah ditetapkan. (D, O, W) |
1.
Ada SK Tim Penurunan Stunting Puskesmas, 2.
Ada SK Tim Penurunan Stunting Kecamatan, 3. Ada Pedoman Pelaksanaan Intervensi Penurunan Stunting Terintegrasi di Kecamatan, 4.Ada KAK Kegiatannya, 5.Ada SOP Surveilans gizi dan SOP lainnya (disini tidak diminta R nya) |
1. Ada KAK,
2. Ada Rekam
bukti pertemuan koordinasi pelaksanaan penc stunting, intervensi dan TL nya, 3. Ada rekam
bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana, 4. Ada keterlibatan LP dan LS, 5. Ada Pencatanatan Hasil
kegiatan, 6. Ada pelaporan |
lihat di lapangan, PJ UKM, koord Pelayanan Gizi, Sasaran |
EP 4 |
Dilakukan pemantauan, evaluasi dan
tindak lanjut terhadap pelaksanaan program pencegahan dan penurunan stunting (D, W). |
|
1. Ada form pemantauan, 2. Ada jadwal pemantauan, 3. Ada hasil
pemantauan, 4. Ada rekam bukti pembahasan / analisa
hasil pemantauan, 5. Ada Rencana
Tindak lanjut intervensi hasi evaluasi, 6. Ada rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut. 7. ada evaluasi hasil intervensi Tindak lanjut (bisa di bahas di minlok / pra minlok atau pertemuan khusus lainnya ) |
Koord. Gizi… ttg proses pemantauan dan TL nya … PDSA |
EP 5 |
Dilakukan pencatatan dan
pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. (R,D) |
Ada Kebijakan penetapan form laporan, Ada Pedoman / panduan laporan |
Ada dokumen{encatatan dan Pelaporan secara lengkap dan benar |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 4.2.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkannya indikator dan target
kinerja pelayanan kesehatan ibu, bayi dan balita yang disertai capaian dan analisisnya. (R,D) |
SK penetapan indikator Kinerja pelayan IBU Bayi dan Balita, 2. Ada Pedoman
Pengelolan Program Pelayan , 3. Ada SOP-2, |
Ada evaluasi secara priodik, ada hasil analisa pencapaian kinerja, ada
penetapan masalah, ada rencana pemecahan masalah/ RTL dan TL nya. (GAUN, RUK dan RPK ) |
1. Kapusk, 2. Pengelola Pelayanan KIA,… proses pemilihan dan pebetapan indikator dll |
EP 2 |
Ditetapkan program penurunan AKI dan AKB. (R, D, W) |
Ada Program kerja pencegahan dan penurunan stunting (sama seperti stunting : Program kerja termasuk Regulasi, Pedoman dan SOP sudah masuk di EP 1 |
Ada proses pembahasan untuk Penetapan Program kerja , dilakukan berdasarkan analisa, pemetaan masalah
di wilayah dan identifikasi penyebab masalah yang melibatkan LP dan LS secara Terintegrasi ( lengkapi GAUN), tercantum dalam RUK dan RPK. |
|
EP 3 |
Tersedia alat, obat, bahan
habis pakai dan prasarana pendukung pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir
termasuk standar alat kegawatdaruratan maternal dan neonatal sesuai dengan standar dan dikelola sesuai dengan prosedur. (R,D, O, W) |
1. Ada Pedoman
/ Panduan Pelaksanaan Pelayanan KIA, 2. Ada Standart Kegawatdaruratan Maternal / Neonatal |
1. Ada ASPAK
peralatan KIA, dg nilai kecukupan memenuhi standart, 2. Tersedian kecukupan obat dan BHP utk pelayanan KIA sesuai
standart |
Observasi tingkat kecukupan alkes, obat, dan BHP, penyimpanan, R/R, tata graha gudang penyimpanan, sarana pencatatan di gudang dsb… PJ UKM , Koordinator KIA, Bidan Pelaksana |
EP 4 |
Dilakukan pelayanan kesehatan pada
masa hamil, masa persalinan, masa sesudah melahirkan dan bayi baru lahir
sesuai dengan prosedur yang ditetapkan termasuk kewajiban penggunaan partograph pada saat pertolongan persalinan dan upaya stabilisasi pra rujukan pada kasus komplikasi sesuai dengan kebijakan, pedoman/panduan, prosedur dan kerangka acuan yang telah ditetapkan. (R, D, W) |
1.Ada SK Tim Pelayanan ANC Terpadu Puskesmas, 2. Ada SOP Pelayanan ANC Terpadu Puskesmas . Lihat
EP 1,2,3 |
1. Ada Kohort
ibu, anak, 2. Rekam
medik, 3. Partograph, 4 terdokumentasi secara lengkap dan benar |
PJ UKM, koord Pelayanan KIA, Sasaran |
EP 5 |
Dilakukan pelayanan persalinan sesuai dengan kebijakan, pedoman/panduan, prosedur dan kerangka acuan yang telah ditetapkan. (R,D,
O, W) |
Ada Pedoman, Panduan, SOP dan KAK kegiatan pelayanan KIA |
Ada Rekam bukti Pemberian pelayanan sesuai standart (lihat kohort ) |
Observasi Tingkat Kepatuhan pelayanan, / SOP |
EP 6 |
Kegiatan penurunan AKI dan AKN dikoordinasikan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan yang disusun bersama lintas program dan lintas sektor. (D, W) |
ada SK dan SOP Media Komunikasi dan Koordinasi di Puskesmas |
1. Ada program
kerja Penurunan AKI dan AKB dan rekam bukti
penyusunannya dengan melibatkan LP dan LS (Lengkapi GAUN, RUK
dan RPK ), 2. Ada rekam bukti
Komunikasi dan Koordinasi dalam kegiatan AKI dan AKB,
3. Ada Rekam bukti pelaksanaan kegiatan sesuai rencana/ program kerja. |
PJ UKM,
koord Pelayanan KIA, Bidan Pelaksana, LP/LS |
EP 7 |
Dilakukan pemantauan, evaluasi, dan
tindak lanjut terhadap pelaksanaan program penurunan AKI dan AKN termasuk pelayanan kesehatan pada masa
hamil, persalinan dan bayi baru lahir di Puskesmas. (D, W) |
|
1. Ada form
pemantauan, 2. Ada jadwal pemantauan, 3. Ada hasil
pemantauan, 4. Ada rekam bukti pembahasan / analisa
hasil pemantauan, 5. Ada Rencana
Tindak lanjut intervensi hasi evaluasi, 6. Ada rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut. 7. ada evaluasi hasil intervensi Tindak lanjut |
Koord. KIA… ttg proses pemantauan dan TL nya … PDSA |
EP 8 |
Dilakukan pencatatan dan
pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. (R,D) |
Ada Kebijakan penetapan form laporan, Ada Pedoman / panduan laporan, ada SOP Pencatatan dan
Pelaporan |
Ada dokumen laporan
secara lengkap dan benar |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 4.3.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkannya indikator dan target
kinerja imunisasi yang disertai capaian dan analisisnya. (R,D) |
1. SK penetapan indikator Kinerja
imunisasi, 2. Ada Pedoman Pengelolaan Pelayanan Imunisasi, 3. Ada SOP-2, |
1. Ada hasil
Kinerja imunisasi, 2. Ada evaluasi dan analisa hasil
kinerja imunisasi, 3. Ada prioritas masalah, ada rencana
pemecahan masalah/ RTL dan TL nya (GAUN, RUK
dan RPK) |
1. Kapusk,
2. Pengelola Pelayanan Imunisasi,… proses pemilihan dan penetapan indikator, tata laksana pengukuran indikator dll |
EP 2 |
Ditetapkan program Imunisasi. (R, D, W) |
Ada Program kerja Imunisasi (lihat EP1 ) |
Ada dokumen Rencana
kerja |
|
EP 3 |
Tersedia vaksin dan logistik sesuai dengan kebutuhan program imunisai. (D,O,W) |
|
Ada Dokumen Perencanaan kebutuhan Vaksin dan Logistiknya , Ada Permintaan Vaksin dan Logistik , Ada Kartu stock, Ada Laporan |
Cek Keberadaan stock vaksin Pelaksana Imunisasi ttg Pengelolaan vaksin |
EP 4 |
Dilakukan pengelolaan vaksin untuk memastikan rantai vaksin dikelola sesuai dengan prosedur. (R,D, O, W) |
1. Ada SK Pengelolaan Vaksin, 2.Ada SOP Distribusi Vaksin, 3. Ada SOP Penyimpanan Vaksin, 4. Ada SOP Pemakaian Vaksin, 5. Ada SOP Pelaksanaan Imunisasi, 6.Ada SOP Pemantauan KIPI
dll |
1. Ada kartu
pencatatan suhu
kulkas, Ada pencatatan stock vaksin yg memuat
ED vaksin dan Logistik , 3. Ada ketersediaan sarana coldchain |
|
EP 5 |
Kegiatan Peningkatan cakupan dan mutu imunisasi dikoordinasikan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana dan prosedur yang telah ditetapkan bersama lintas program dan lintas sektor sesuai dengan kebijakan, pedoman/panduan dan kerangka acuan
yang telah ditetapkan. (R,D, W) |
ada SK dan SOP Media Komunikasi dan Koordinasi di PUSKESMAS. |
1. Ada KAK,
2. Ada Rekam
bukti pertemuan koordinasi pelaksanaan penc stunting, intervensi dan TL nya, 3. Ada rekam
bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana, 4. Ada keterlibatan LP dan LS, 5. Ada Pencatanatan Hasil
kegiatan, 6. Ada pelaporan |
lihat di lapangan, PJ UKM, koord Pelayanan Gizi, Sasaran |
EP 6 |
Dilakukan pemantauan, dan evaluasi serta tindaklanjut upaya perbaikan program imunisasi. (D, W) |
|
1. Ada form
pemantauan, 2. Ada jadwal pemantauan, 3. Ada hasil
pemantauan, 4. Ada rekam bukti pembahasan / analisa
hasil pemantauan, 5. Ada Rencana
Tindak lanjut intervensi hasi evaluasi, 6. Ada rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut. 7. ada evaluasi hasil intervensi Tindak lanjut |
Koord. Gizi… ttg proses pemantauan dan TL nya … PDSA |
EP 7 |
Dilakukan pencatatan dan
pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. (R,D) |
Ada Kebijakan penetapan form laporan, Ada Pedoman / panduan laporan, Ada SOP Pencatatan dan Pelaporan Imunisasi, Ada SOP Pelaporan KIPI |
Ada dokumen [encatatan dan
laporan secara lengkap dan benar |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 4.4.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkannya indikator dan target
kinerja pengendalian tuberkulosis yang disertai capaian dan analisisnya. (R,D) |
1.SK penetapan indikator Kinerja dan target
TB, 2. Ada Pedoman Pengelolaan program TB, 3.Ada KAK dan SOP-SOP terkait Kegiatan Pelayanan TB |
Ada evaluasi secara priodik, ada hasil analisa pencapaian kinerja, ada
penetapan masalah, ada rencana pemecahan masalah/ RTL dan TL nya. (GAUN, RUK dan RPK ) |
1. Kapusk, 2. Pengelola Pelayanan Gizi,… proses pemilihan dan pebetapan indikator dll |
EP 2 |
Ditetapkan rencana program penanggulangan tuberkulosis. (R) |
1.Ada SK Penetapan Program Penanggulangan Tuberkulosis, 2. Ada Program kerja pencegahan dan penurunan stunting |
|
|
EP 3 |
Ditetapkan tim TB DOTS di Puskesmas yang terdiri dari dokter, perawat, analis laboratorium dan petugas pencatatan pelaporan terlatih (R) |
Ada SK Penetapan TIM TB DOTS di Puskesmas, Ada Pedoman Kerja, Ada SOP terkait. |
|
lihat di lapangan, PJ UKM, koord Pelayanan Gizi, Sasaran |
EP 4 |
Logistik baik OAT maupun
non OAT disediakan sesuai dengan kebutuhan program serta dikelola sesuai dengan prosedur (R,D, O, W) |
Ada SK Pengelolaan Pelayanan TB, Ada Rencana Kebutuhan obat / alat
Pelayanan TB (LOGISTIK OAT dan Non OAT),
Ada SOP Permintaan OAT, SOP Penerimaan OAT, SOP Pengelolaan OAT , SOP Pendistribusian OAT dan SOP Pemusnahan OAT dan Non OAT |
Ada Identifikasi Kebutuhan logistik TB sesuai dengan standart kebutuhan Pelayanan TB yang dikelola, Ada rekam bukti usulan / permintaan, drooping obat/alkes TB, Ada Rekam bukti Pengelolaan logistik sesuai SOP |
Koord. Gizi… ttg proses pemantauan dan TL nya … PDSA |
EP 5 |
Dilakukan tata laksana kasus tuberkulosis mulai dari diagnosis, pengobatan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut sesuai dengan, kebijakan, pedoman/panduan dan prosedur yang telah ditetapkan. ( R,D,
O, W). |
1. Ada Pedoman
Tatalaksana pelayanan TB , 2.Ada KAK Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan TB , 3. Ada SOP-SOP
Terkait tata
laksana kasus. |
1.
Jadwal kegiatan Pelayanan TB, 2. Ada Rekam pelaksanaan Pelayanan TB sesuai rencana / jadwal
, 3.
Ada Pencatatan Hasil kegiatan, 4.
Ada Analisa Hasil Kegiatan, 5. Monitoring dan Evaluasi serta RTL nya kegiatan Pelayanan TB, 6. Ada TL dan pelaporan, (Pengisian aplikasi INM ) |
|
EP 6 |
Program penanggulangan tuberkulosis dikoordinasikan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang disusun bersama lintas program dan lintas
sektor. (D, W) |
|
1.
Ada KAK, 2. Ada Rekam bukti pertemuan koordinasi pelaksanaan penc stunting, intervensi dan TL nya, 3. Ada rekam bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana, 4.
Ada keterlibatan LP dan LS, 5.
Ada Pencatanatan Hasil kegiatan, 6.
Ada pelaporan |
|
EP 7 |
Dilakukan pencatatan dan
pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. (R,D) |
1. Ada Kebijakan penetapan form laporan, 2. Ada Pedoman / panduan
laporan, 3.Ada SOP Pencatatan dan Pelaporan Program TB. |
Ada dokumen pencatatan dan pelaporan secara lengkap dan benar |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 4.5.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkan indikator kinerja Pengendalian Penyakit Tidak Menular yang disertai capaian dan analisisnya. (R,D,W) |
1. SK penetapan indikator dan
target Kinerja PTM, 2.
Ada Pedoman Pengelolaan Pelayanan PTM, 3. Ada SOP--SOP Terkait Pengelolaan Pelayanan PTM |
Ada evaluasi secara priodik, ada hasil analisa pencapaian kinerja PTM, ada penetapan masalah, ada rencana
pemecahan masalah/ RTL dan TL nya. (GAUN, RUK
dan RPK ) |
1. Kapusk, 2. Pengelola Pelayanan Gizi,… proses pemilihan dan pebetapan indikator dll |
EP 2 |
Ditetapkan program pengendalian Penyakit Tidak Menular termasuk rencana peningkatan kapasitas tenaga terkait P2PTM. (R, D, W) |
1. Ada Program kerja pencegahan dan penurunan stunting. 2. Ada KAK Program Pengendalian Pelayanan PTM |
|
|
EP 3 |
Kegiatan pengendalian penyakit tidak menular dikoordinasikan dan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun bersama Lintas program dan Lintas Sektor sesuai dengan kebijakan, pedoman/panduan dan kerangka acuan yang telah ditetapkan. (D, O, W) |
|
1. Ada KAK,
2. Ada Rekam
bukti pertemuan koordinasi pelaksanaan penc stunting, intervensi dan TL nya, 3. Ada rekam
bukti bahwa pelaksanaan kegiatan sesuai dg rencana, 4. Ada keterlibatan LP dan LS, 5. Ada Pencatanatan Hasil kegiatan, 6. Ada pelaporan |
lihat di lapangan, PJ UKM, koord Pelayanan Gizi, Sasaran |
EP 4 |
Diselenggarakan tahapan kegiatan dan pemeriksaan PTM di Posbindu sesuai
dengan ketentuan yang berlaku. (R, D, O, W) |
Regulasi sama dengan permintaan di EP 1 dan EP 2 |
1. Ada form
pemantauan, 2. Ada jadwal pemantauan, 3. Ada hasil
pemantauan, 4. Ada rekam bukti pembahasan / analisa
hasil pemantauan, 5. Ada Rencana
Tindak lanjut intervensi hasi evaluasi, 6. Ada rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut. 7. ada evaluasi hasil intervensi Tindak lanjut |
Koord. Gizi… ttg proses pemantauan dan TL nya … PDSA |
EP 5 |
Dilakukan tata laksana Penyakit Tidak Menular secara terpadu mulai dari diagnosis, pengobatan, pemantauan, evaluasi, dan
tindak lanjut sesuai dengan panduan praktik klinis
dan algoritma pelayanan PTM oleh tenaga kesehatan yang berkompeten. ( R,D,
O, W) |
1. Ada Pedoman
Tatalaksana pelayanan PTM, 2.Ada KAK Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan PTM , 3. Ada SOP-SOP Terkait tata
laksana kasus. |
1. Jadwal kegiatan Pelayanan PTM 2. Ada Rekam pelaksanaan Pelayanan PTM sesuai rencana / jadwal
, 3. Ada Pencatatan Hasil kegiatan PTM , 4. Ada Analisa
Hasil Kegiatan, 5. Monitoring dan Evaluasi serta RTL nya kegiatan Pelayanan PTM, 6. Ada TL dan pelaporan. |
|
EP 6 |
Dilakukan pemantauan, evaluasi, dan
tindak lanjut terhadap pelaksanaan program pengendalian penyakit tidak menular. (D, W) |
|
1. Ada form pemantauan Program
Pelayanan PTM, 2.
Ada jadwal pemantauan, 3.
Ada hasil pemantauan, 4. Ada rekam bukti pembahasan /evaluasi dan analisa hasil pemantauan, 5. Ada Rencana Tindak lanjut intervensi hasi evaluasi, 6.
Ada rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut. 7.
ada evaluasi hasil intervensi Tindak lanjut |
|
EP 7 |
Dilakukan pencatatan dan
pelaporan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. (D) |
1.
Ada Kebijakan penetapan form laporan PTM , 2.
Ada Pedoman / panduan
laporan, 3.Ada SOP Pencatatan dan Pelaporan Program PTM |
Ada dokumen Pencatatan dan Pelaporan secara lengkap dan benar |
|
Jumlah |
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment