Monday, April 10, 2023

Instrumen RDOWS BAB 1 KMP

 

Kriteria. 1.1.1

Elemen Penilaian

REGULASI

DOKUMEN

OBSERVASI

WAWANCARA

EP 1.

Ditetapkan visi, misi, tujuan, dan tata nilai Puskesmas yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan Puskesmas mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi kinerja Puskesmas. (R)

SK Ka Puskesmas tentang Visi, Misi, Tujuan dan Tatanilai Puskesmas

 

 

 

EP 2

Ditetapkan jenis-jenis pelayanan yang disediakan berdasarkan hasil identifikasi dan analisis sesuai dengan yang diminta dalam pokok pikiran pada paragraf terakhir. (R,D,W)

SK Penetapan jenis-jenis pelayanan

1. Rapat penetapan jenis layanan(GAUN) 2. analisa Kebutuhan dan Harapan program / masyarakat sbg dasar penetapan jenis layanan.   3. Analisa kinerja,  4. analisa Resiko 5. Peluang pengembangan

 

1. Kepala Puskesmas.    2. Ketua tim perencana,    3. Pengelola program pelayanan,

EP 3

Rencana Lima Tahunan disusun dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor serta berdasarkan rencana strategis Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota. ( R, D,W)

1. Renstra Dinas.                             2. Renstra Puskesmas / RSB,  3. SK Pemberlakuan Renstra (jika ada)

1. Dokumen Renstra.                       2. Pertemuan penyusunan Renstra (GAUN)

 

1. Ketua tim manajemen puskesmas

EP 4

Rencana Usulan Kegiatan (RUK) disusun dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor, berdasarkan rencana strategis Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota, Rencana Lima Tahunan Puskesmas dan hasil penilaian kinerja. (R, D, W).

1. Dokumen RUK lengkap ( Tahun N dan N+1 ),    2. SK pemberlakuan RUK (jika ada),

1. Rapat Perencanaan

/Penyusunan RUK (GAUN),   2. Keterkaitan Renstra dan RUK dengan Penilaian Kinerja

 

1.  Ketua tim manajemen,

2.  PJ / Koordinator terkait

EP 5

Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Puskesmas disusun bersama lintas program sesuai dengan alokasi anggaran yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota. (R,D,W)

1. Dokumen RPK Tahunan

1. Daftar alokasi anggaran,    2. Rapat perencanaan RPK (GAUN), 3. Alokasi anggaran ke Pelayanan terintegrasi UKM dan UKP,   4. dokumen Pendukung lain

 

1. Ketua Tim manajemen, PJ/Koordinator terkait

EP 6

Rencana Pelaksanaan Kegiatan Bulanan disusun sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahunan serta hasil pemantauan dan capaian kinerja bulanan. (R, D, W)

1.  Dokumen RPK Pelayanan ,

2.  POA bulanan masing masing pelayanan

1. Pertemuan Pra Lokakarya Mini Puskkesmas dan/ Lokakarya Mini Puskesmas (GAUN), 2. Ada rekam bukti penyusunan POA Bulanan

 

PJ / Koordinator program Pelayanan

EP 7

Apabila ada perubahan kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dilakukan revisi perencanaan sesuai kebijakan yang ditetapkan. (D, W).

 

1. Rapat lokakarya mini Puskesmas / rapat pembahasan perubahan perencanaan (GAUN),     2. Dokumen usulan perubahan,  3. Rekam bukti perubahan perencanaan

 

Ketua manajemen, Bendahara, PJ / Koordinator pelayanan

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.1.2.

 

 

 

 

 

EP 1

Ditetapkan kebijakan tentang hak dan kewajiban pasien, dan jenis-jenis pelayanan serta kegiatan yang disediakan oleh Puskesmas. (R)

SK penetapan Hak dan Kewajiban,

 

 

 

EP 2

Dilakukan sosialisasi tentang hak dan kewajiban pasien, jenis-jenis pelayanan serta kegiatan yang disediakan oleh Puskesmas. (D,W)

 

Rekam bukti sosialisasi Hak dan Kewajiban, sosialisasi Jenis-jenis pelayanan dan ada bukti -bukti Media sosialisasi nya.

 

Koord Promosi, Petugas loket, Pasien dan klg

EP 3

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap penyampaian informasi terkait hak dan kewajiban pasien, jenis-jenis pelayanan dan kegiatan- kegiatan Puskesmas terhadap pengguna layanan, lintas program maupun lintas sektor serta pemanfaatan pelayanan dan kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan jadwal yang disusun. (D, W)

 

1.Rekam bukti evaluasi sosialisasi HK,   2. Rekam bukti TL dari hasil sosialisasi,    3.

Bukti evaluasi pemanfaatan dan kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan jadwal

 

1. Petugas terkait, Pasien/klg

EP 4

Dilakukan upaya untuk memperoleh umpan balik dari masyarakat serta dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap umpan balik. (D, O, W)

Ada Tim Pengelola umpan balik dan keluhan masyarakat,  (Jangan mengharuskan ada Tim pengelola umpan balik, karena memang tdk diminta ada R, selain itu Tim ini mestinya sdh menjadi satu dg Tim Mutu )

1. Register umpan balik/ keluhan, 2. Sarana dan Media untuk memperoleh umpan balik,    3. Analisa dari umpan balik,    4. Rekam bukti TL dari hasil evaluasi umpan balik,    5 Hasil Survei Kepuasan

1. Penataan dan kelengkapan Media untuk menjaring umpan balik, 2. Penyampaian feed back dari hasil evaluasi UB

Petugas terkait, pasien/ pengunjung

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.2.1

 

 

 

 

 


 

EP 1

Ada struktur organisasi Puskesmas yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota dengan kejelasan uraian jabatan yang ada dalam struktur organisasi yang memuat uraian tugas, tanggung jawab, wewenang, dan persyaratan jabatan. (R)

1. SK SO dari Kadinkes (lengkap dengan uraian tugas, wewenang dan tanggungjawab, dan kompetensi / persyaratan jabatan serta tahubja ),

 

 

 

EP 2

Kepala Puskesmas menetapkan Penanggung jawab dan Koordinator pelayanan Puskesmas. (R)

SK Kepala Puskesmas ttg penetapan personil yg menduduki jabatan

 

 

 

EP 3

Penetapan kode Perilaku Pimpinan dan Pegawai Puskesmas

 

 

 

 

EP 4

Terdapat kebijakan dan prosedur yang jelas dalam pendelegasian wewenang dari Kepala Puskesmas kepada Penanggung jawab upaya, dari Penanggung jawab upaya kepada koordinator pelayanan, dan dari koordinator pelayanan kepada pelaksana pelayanan kegiatan apabila meninggalkan tugas atau terdapat kekosongan pengisian jabatan. (R)

SK Ka Puskesmas dan SOP tentang pengaturan pendelegasian wewenang

Form Pendelegasian wewenang

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.2.2

 

 

 

 

 

EP 1

Ditetapkan pedoman tata naskah Puskesmas sebagaimana diminta dalam pokok pikiran mulai dari huruf a sampai huruf g. (R)

1. Pedoman Tata Naskah Dinas Kesehatan,   2. Pedoman tata naskah Puskesmas,  3. Pedoman Pengendalian Dokumen

 

 

Pemahaman ttg penyusunan dokumen dan pengendalian dokumen

EP 2

Ditetapkan kebijakan, pedoman/panduan, prosedur dan kerangka acuan untuk KMP, penyelenggaraan UKM serta penyelenggaraan UKP, Kefarmasian dan Laboratorium. (R)

1. Ada SK / Peraturan yang disusun,    2. Ada Pedoman / Panduan baik eksternal maupun Internal,     3. Ada SOP Masing2 pelayanan, Ada Kerangka Acuan

Ada Daftar Pengendalian dokumen / Regester Pencatatan Dokumen Regulasi

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.2.3

 

 

 

 

 

EP 1

Ditetapkan indikator kinerja Keberhasilan Pembinaan Jaringan dan jejaring Puskesmas

 

 

 

 

EP 2

Dilakukan identifikasi jaringan pelayanan Puskesmas dan jejaring Puskesmas di wilayah kerja Puskesmas untuk optimalisasi koordinasi dan atau rujukan di bidang upaya kesehatan. (D)

 

Ada daftar nama Jaringan dan jejaring lengkap dg alamat dan data lainnya

 

 

EP 3

Disusun dan dilaksanakan program pembinaan terhadap jaringan pelayanan dan jejaring Puskesmas dengan jadwal dan penanggung jawab yang jelas serta terdapat bukti dilakukan pembinaan sebagaimana diminta dalam pokok pikiran. (R, D, W)

Ada Program kerja Pembinaan Jaringan dan jejaring, lengkap dengan schedule yang jelas

1. Jadwal pembinaan,    2. Form

/ ceklist pembinaan,    3. Rekam bukti pembinaan,    4. Hasil pembinaan,                        5. Analisa hasil pembinaan,     6. bukti Pertemuan / rapat ( GAUN) pembinaan

 

PJ Jaringan / jejaring, Koordinator Jaringan / Jejaring

EP 4

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap rencana dan jadwal pelaksanaan program pembinaan jaringan dan jejaring. (D)

 

1. Rekam bukti evaluasi hasil pembinaan dan RTL nya ,     2. Rekam bukti pelaksanaan Tindak Lanjut dari hasil evaluasi pembinaan

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.2.4

 

 

 

 

 

EP 1

Dilaksanakan pengumpulan, penyimpanan, analisis data dan pelaporan serta distribusi informasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan terkait Sistem Informasi Puskesmas (R, D, W).

1. SK Penetapan pengelola Manajemen Data dan Informasi (MDI) ,     2. Pedoman/ Panduan MDI,    3. SOP terkait MDI 9 (SOP Pencatatan, SOP Pengumpulan, SOP Pemyimpanan Data, SOP Analisis Data, SOP Pelaporan

, dan SOP Distribusi

Informasi)

1. Ada program kerja,     2. Ada kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisa data, penyimpanan dan pelaporan data,  3, Rekam Bukti kegiatan MDI (absensi laporan, bukti laporan, rekap laporan dsb),  4. Notulen pertemuan MDI

 

Koordinator MDI

EP 2

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap penyelenggaraan Sistem informasi Puskesmas secara periodik. (D, W)

 

1. Ada Rekam bukti kegiatan evaluasi Datin dan RTL nya ,    2. Ada intervensi TL hasil evaluasi Datin

 

Koordinator MDI

EP 3

Terdapat bukti perbaikan kinerja dan peningkatan mutu sistem informasi

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.2.5

pertimbangan etis

 

 

 

 

EP 1

Puskesmas mempunyai prosedur pelaporan dan solusi bila terjadi dilema etik dalam asuhan pasien dan dalam pelayanan UKM

 

 

 

 


 

EP 2

dilaksanakan pelaporan apabila terjadi dilema etik dalam UKP dan dalam pelayanan UKM

 

 

 

 

EP 3

 

terdapat bukti Pimpinan Puskesmas mendukung penyelesaian dilema etik dalam pelayanan UKP dan pelayanan UKM telah dilaksanakan sesuai regulasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.3.1

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai kebutuhan pelayanan dan ketentuan peraturan perundang- undangan. (R)

SK Kompetensi jabatan, Pedoman analisa jabatan

Dokumen analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai kebutuhan pelayanan

 

 

EP 2

Disusun peta jabatan, uraian jabatan dan kebutuhan tenaga berdasar analisis jabatan dan analisis beban kerja. (R, D, W)

1. Pedoman penyusunan peta jabatan,    2. ,uraian jabatan dan kebutuhan tenaga

Ada peta jabatan, uraian jabatan dan kebutuhan tenaga berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja

 

ka subbag TU, koord kepegawaian / msdm… tentang pemahaman uraian tugas dll

EP 3

Dilakukan upaya untuk pemenuhan kebutuhan tenaga baik dari jenis, jumlah dan kompetensi sesuai dengan peta jabatan dan hasil analisis beban kerja, (D, W)

 

Surat usulan penambahan tenaga maupun peningkatan kompetensi

 

kasubbag TU, / koordr kepegawaian

EP 4

Peningkatan kompetensi SDM

 

 

 

 

EP 5

Kredensialing pegawai

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.3.2

 

 

 

 

 

EP 1

Ada penetapan uraian tugas yang berisi tugas pokok dan tugas tambahan untuk setiap pegawai. (R)

Ada SK penetapan uraian tugas (pokok dan tambahan ) masing masing pegawai

1. Penyusunan uraian tugas pegawai   2, sosialisasi uraian tugas, dan pemahaman uraian tugas

 

Setiap pegawai harus memahami uraian tugas masing masing…

EP 2

Ditetapkan indikator penilaian kinerja pegawai sebagaimana diminta dalam pokok pikiran. (R)

Ada SK tentang Indikator penilaian kinerja pegawai ( sebaiknya berupa SK Payung untuk penilaian kinerja pegawai, mulai dari Tata cara penilaian Kinerja, indikator kinerja, periodisasi, cara analisa data, dan tindak lanjutnya )

 

 

 

EP 3

Dilakukan penilaian kinerja pegawai minimal setahun sekali dan tindak lanjut terhadap hasil penilaian kinerja pegawai untuk upaya perbaikan. (D, W)

 

Ada dokumen hasil penilaian kinerja pegawai ( SKP , DP3 atau yg lainnya )

 

Kepala Puskesmas, Kasubbag TU ….. Ttg proses penilaian kinerja pegawai, indikator, dan pemanfaatan TL nya

EP 4

Survey kepuasan pegawai

 

 

 

 

EP 5

Upaya peningkatan kepuasan pegawai

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.3.3

 

 

 

 

 

EP 1

Ditetapkan dan tersedia kelengkapan isi file  kepegawaian untuk tiap pegawai yang bekerja di Pukesmas yang terpelihara sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (R, D, O, W)

Ada SK penetapan kelengkapan file kepegawaian

Ada dokumen kepegawaian yg disusun secara lengkap dan rapi sejumlah pegawai

uji kelengkapan file Kepegawaian dan penataannya

koord. Kepegawaian.

EP 2

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut secara periodik terhadap kelengkapan dan pemutakhiran data kepegawaian. (D, W)

 

Ada kegiatan evaluasi kelengkapan file kepegawaian secara periodik. Ada Rekam bukti permintaan kelengkapan file kepegawaian

 

koord. Kepegawaian.

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.3.4

 

 

 

 

 

EP 1

Kegiatan orientasi dilaksanakan sesuai kerangka acuan yang disusun. (D, W)

 

Ada KAK, Ada Rekam bukti pelaksanaan orientasi (UANG) sesuai dengan KAK,

 

Koord Kepegawaian, peserta orientasi ttg proses pelaksanaan orientasi

EP 2

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan orientasi (D.W)

 

Ada rekam bukti evaluasi pelaksanaan orientasi ( permasalahan yg ditemukan, dan solusinya ) bisa dilakukan Pre dan Post Test.?>??

 

Koord Kepegawaian, peserta orientasi ttg proses pelaksanaan orientasi

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.3.5.

 

 

 

 

 

EP 1

Program K3 bagi pegawai disusun,

Ada SK tentang Pengelola/

Ada Pertemuan penyusunan

 

Ka Pusk, Tim K3, Tim MFK…

ditetapkan, dilaksanakan, dan dievaluasi.

TIM K3, SK tentang

Tim K3, penyusunan program

tentang program kerja,

(R, D, W)

Pengelolaan K3, Pedoman

kerja, Penyusunan format K3 ,

integrasi dan

K3, Rencana Kerja K3

R/R (GAUN)

pelaksanaannya, dll….


 

EP 2

Dilakukan pemeriksaan kesehatan berkala terhadap pegawai untuk menjaga kesehatan pegawai sesuai dengan program yang telah ditetapkan oleh Kepala Puskesmas. (D, W)

 

1. Ada KAK,  2. Ada program/rencana kerja pemeriksaan kesehatan karyawan secara berkala,                           3. Ada pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan sesuai rencana,    4. Ada rekam kegiatan pemeriksaan berkala,

5. Ada R/R

 

Koord. K3, ttg pengelolaan K3 di Puskesmas

EP 3

Ada program dan pelaksanaan imunisasi bagi pegawai sesuai dengan tingkat risiko dalam pelayanan. (D, W)

 

Ada program kerja imunisasi karyawan,    2. Ada pelaksanaan imunisasi sesuai rencana,  3.

Ada R/R

 

Koord. K3, ttg pengelolaan K3 di Puskesmas

EP 4

Dilakukan konseling dan tindak lanjut terhadap pegawai yang terpapar penyakit infeksi, kekerasan, atau cedera akibat kerja. (D, W)

 

1. Ada regester kasus K3,                           2. Ada rekam kegiatan konseling,

3. Ada rekam bukti TL konseling

 

Koord. K3, ttg pengelolaan K3 di Puskesmas

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.1

 

 

 

 

 

EP 1

Terdapat petugas yang bertanggung jawab dalam MFK serta tersedia program MFK yang ditetapkan setiap tahun berdasarkan identifikasi risiko (R)

Ada SK Penunjukan PJ / Tim MFK.

 

 

 

EP 2

Puskesmas menyediakan akses yang mudah dan aman bagi pengguna layanan dengan keterbatasan fisik(D,W)

 

 

 

 

EP 3

Dilakukan identifikasi terhadap area-area berisiko yang meliputi huruf a sampai huruf f pada pokok pikiran. (D,W)

 

1. Ada hasil identifikasi resiko dari 6 unsur MFK,  2. Ada Penetapan prioritas area beresiko.

 

PJ. MFK ttg resiko MFK

EP 4

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut per tri wulan terhadap pelaksanaan program MFK meliputi huruf a sampai huruf f pada  pokok pikiran. (D)

 

1. Ada program kerja MFK,    2. Ada rekam bukti pelaksanaaan kegiatan MFK, 3. Ada hasil kegiatan MFK,     4 Ada evaluasi dan TL pelaksanaan kegiatan MFK tiap tribulan

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.2

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan identifikasi terhadap pengunjung, petugas dan petugas alih daya (outsourcing) (D,O,W)

 

1. Ada kebijakan/ aturan ttg identifikasi pengunjung puskesmas, 2 Ada rekam bukti identifikasi terhadap pengunjung,

pengamatan terhadap identifikasi : KARTU IDENTITAS, seragam karyawan, outsourching, identifikasi pasien dan pengunjung

Petugas, dan Pengunjung tentang pemahaman terhadap penandaan / identifikasi

EP 2

Dilakukan inspeksi fasilitas secara berkala meliputi bangunan, prasarana dan peralatan (D,O,W)

 

1. Ada Format monitoring,     2. Ada jadwal kegiatan inspeksi fasilitas,   3. Ada rekam bukti inspeksi fasilitas secara berkala,

4. Ada dokumen hasil inspeksi dan TL nya

pengamatan terhadap pemeliharaan fasilitas dan fungsinya

wawancara kepada PJ MFK, Pelaksana / Pengguna fasilitas ttg proses pemeliharaan dan uji fungsi fasilitas

EP 3

Dilakukan simulasi terhadap kode darurat secara berkala. (D, O,W).

 

1. Ada KAK,   2. Ada Rekam bukti simulasi terhadap kode Darurat, 3. Ada TL berupa perbaikan prosedur dari hasil simulasi

Pengamatan terhadap pengetahuan dan ketrampilan petugas dalam operasionalisasi fasilitas

Pelaksana Kedaruratan, terkait pemahaman kode-2 darurat

EP 4

Dilakukan pemantauan terhadap pekerjaan konstruksi  terkait keamanan dan pencegahan penyebaran infeksi. (D,O,W)

 

1. Ada format pemantauan pekerjaan konstruksi,  2. Ada dokumen ICRA, 3. Ada penetapan area prioritas pekerjaan konstruksi, 4. Ada upaya mereduksi resiko,   5. Ada rekam bukti kegiatan pemantauan,    6. Ada hasil pemantauan,      7 Ada Tindak lanjut Intervensi mengurangi

resiko

Pengamatan terhadap proses pekerjaan konstruksi terhadap resiko cidera dan infeksi

PJ K3, PJ MFK, Pelaksana bangunan, Sanitarian, ttg ICRA konstruksi

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.3

 

 

 

 

 

EP 1

Dilaksanakan program pengelolaan B3 dan limbahnya sesuai angka satu sampai tujuh huruf b pada kriteria 1.4.1.(R)

1. Ada SK Penyelenggaraan Pengelolaan B3 dan Limbah B3,    2. Ada Panduan Program Pengelolaan B3 dan Limbah B3,   3. Ada SOP Pengelolaan B3

 

 

 


 

EP 2

Pengolahan limbah B3 sesuai standar (penggunaan dan pemilahan, pewadahan dan penyimpanan/TPS B3 serta pengolahan akhir)

 

1. Ada standart pengelolaan B3 dan limbah B3,    2. Ada Rekam bukti pengelolaan sesuai standart,    3. Ada monitoring secara periodik terhadap pengelolaan B3 dan Limbah B3,

4. Ada Hasil monitoring

Tempat penyimpanan b# dan Limbah B3 sesuai standart dan tata graha

PJ MFK, Pelaksana pengelola B3, …ttg standart B3

EP 3

Tersedia IPAL sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan. (D, O)

 

Ada hasil pemeriksaan kualitas air buangan IPAL

Ada IPAL, Hasil pengelolaan sesuai standart

 

EP 4

Ada laporan, analisis, dan tindak lanjut penanganan tumpahan, paparan/pajanan B3 dan atau limbah B3. (D,W)

 

1. Ada Petugas yg sudah dilatih menangani tumpahan B3,                              2. Ada spilkit,   3. Ada laporan kasus tumpahan / pajanan B3,

4. Ada analisa kasus, 5. Ada Intervensi TL tumpahan / pajanan B3,

 

Petugas penanggungjawan, Pelaksana ttg penanganan tumpahan / pajanan B3, prosedur dan Tindakan yang diambil untuk mengatasi pajanan

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.4

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan identifikasi risiko terjadinya bencana internal dan eksternal sesuai dengan letak geografis Puskesmas dan akibatnya terhadap pelayanan. (D)

Ada pembentukan Tim Tanggap/ Penanggulangan Bencana

1. Ada dokumen HVA, 2. Ada Peta Bencana,   3. Ada Rencana kontingensi,

 

 

EP 2

Dilaksanakannya program manajemen bencana meliputi angka satu sampai dengan angka tujuh huruf c pada kriteria

1.4.1. (D, W).

 

1. Ada Program Penanggulangan Bencana,    2. Ada Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Rencana, 3. Ada rekam bukti Pelaksanaan kegiatan,     4. Ada Rencana Kontingensi,

 

Pelaksana Penanggulangan bencana... ttg Manajemen Bencana

EP 3

Dilakukan simulasi dan evaluasi tahunan meliputi angka dua sampai dengan angka enam huruf c pada kriteria 1.4.1. terhadap program kesiapan menghadapi bencana yang telah disusun, dan dilanjutkan dengan debriefing setiap selesai simulasi. (D, W)

 

1. Ada KAK,     2. Ada rekam bukti Pelaksanaan simulasi sesuai dengan KAK,     3. Ada rekam bukti debriefing, Ada Intervensi TL sebagai hasil dari debriefing ( perbaikan prosedur dan tehnis )

 

Pelaksana Penanggulangan bencana... ttg Proses simulasi

EP 4

Dilakukan perbaikan terhadap program kesiapan menghadapi bencana sesuai hasil simulai dan evaluasi tahunan. (D)

 

1. Ada Rencana perbaikan prosedur kesiapsiagaan bencana sesuai dengan hasil debriefing,  2. Ada rekam bukti Tindak lanjut perbaikan sesuai dengan yg direncanakan

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.5

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan program pencegahan dan penanggulangan kebakaran angka satu sampai angka empat huruf d pada kriteria

1.4.1. (D, O, W)

 

1.  Ada Rencana kerja pencegahan dan penanggulangan kebakaran,

2.  Ada rekam bukti kegiatan sesuai dengan rencana

Pengamatan terhadap sarana penanggulangan baik aktif maupun pasif

PJ MFK, Pelaksana operasional sarpras, …ttg rencana kerja

EP 2

Dilakukan inspeksi, pengujian dan pemeliharaan terhadap alat deteksi dini, alarm, jalur evakuasi, serta keberfungsian alat pemadam api. (D, O, W)

 

1. Ada format pemantauan,     2. Ada jadwal pemantauan, pengujian dan pemeliharaan,

3. Ada rekam bukti kegiatan pemantauan, pengujian, dan pemeliharaan sesuai dengan rencana kerja,   4. Ada Instruksi kerja alat (jika ada), 5. Ada catatan hasil pemantauan, 6. Ada analisa hasil pemantauan dan TL nya

Pengamatan terhadap sarana penanggulangan baik sistim proteksi aktif maupun pasif, uji fungsi, dan pemeliharaannya.

PJ MFK, Pelaksana operasional sarpras, …ttg pelaksanaan pengelolaan sarana

EP 3

Dilakukan simulasi dan evaluasi tahunan terhadap program pengamanan kebakaran. (D, W)

 

1. Ada KAK,    2. Ada rekam bukti pelaksanaan simulasi,     3. Ada rekam bukti debriefing,    4. Ada perbaikan prosedur

 

PJ MFK, Pelaksana operasional sarpras, …ttg pelaksanaan simulasi

EP 4

4. Ditetapkan kebijakan larangan merokok bagi petugas, pengguna layanan, dan pengunjung di area Puskesmas. ®

Ada SK Larangan merokok di Puskesmas

1. Ada Media larangan merokok,    2. Ada rekam bukti sosialisasi larangan merokok, 3. Ada rekam bukti evaluasi larangan merokok

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.6

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan inventarisasi alat kesehatan sesuai dengan ASPAK. (R)

Ada SK Pengelola ASPAK,     2. Ada Panduan Program pengelolaan ASPAK

 

 

 


 

EP 2

Dilakukan inspeksi dan pengujian terhadap alat kesehatan secara periodik (D, 0, W)

 

1. Ada format pemantauan,     2. Ada jadwal pemantauan, pengujian dan pemeliharaan alkes,

3.  Ada rekam bukti kegiatan pemantauan, pengujian, dan pemeliharaan sesuai dengan rencana kerja,

4.  Ada Instruksi kerja alat (jika ada),

5.  Ada catatan hasil pemantauan,

6.  Ada analisa hasil

pemantauan dan TL nya

Pengamatan terhadap kebersihan dan fungsi alkes

Pelaksana Alkes dan Pelaksana pemberi pelayanan di ruangan… tentang pemeliharaan dan uji fungsi alkes

EP 3

Dilakukan Pelatihan bagi staff agar kompeten untuk mengoperasionalkan peralatan tertentu (D,W)

 

 

 

 

EP 4

Dilakukan pemeliharaan dan kalibrasi terhadap alat kesehatan secara periodik (D,O,W)

 

1. Ada usulan kalibrasi,                                    2. Ada rekam bukti pelaksanaan kalibrasi,   3. ada sertifikat kalibrasi

fungsi alat

PJ MFK dan Pelaksana alkes

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.7

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan Inventarisasi sistem utilisasi sesuai dengan ASPAK (R)

 

 

 

 

EP 2

1. Dilaksanakan  program  pengelolaan sistem  utilitas dan sistem penunjang lainnya sesuai huruf f pada kriteria 1.4.1.

Ada SK Penunjukan pengelola sistem utilitas

1.  Ada program kerja pengelolaan sistem utilitas,

2.  Ada rekam bukti pelaksanaan kegiatan pemeliharaan sistem utulitas,   3. Ada catatan hasil pemeliharaan,

4.  Ada jadwal pemantauan pemeliharaan sistem utilitas,

5.  Ada catatan hasil pemantauan,

6.  Ada analisa dan intervensi tindak lanjut dari hasil analisa

Pengamatan terhadap kecukupan dan pemenuhan kebutuhan sistem utilisasi

PJ MFK, dan pelaksana ttg operasionalisasi sistem utilitas

EP 3

Sumber air, listrik dan gas medik tersedia selama 7 hari 24 jam untuk pelayanan di Puskesmas. (D,O)

 

1. Ada dokumen bukti-bukti pemeliharaan,  2. Ada rekam bukti kecukupan ketersediaan (kwitansi pembelian/isi ulang dsbnya). ,     .3. Ada hasil Uji Kualitas Air minimal 6 bulan sekali.

Pengamatan terhadap tingkat kecukupan air

,listrik ,dan Gas medik. Pengamatan terhadap sarana prasarananya. .ini yg ditanyakan ttg kecukupan prasarana / sistem utilitas…. Bukan

sarananya

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.4.8

 

 

 

 

 

EP 1

Ada rencana program pendidikan Manajemen Fasilitas dan Keselamatan bagi petugas.

 

1. Ada Rencana kerja / Program Diklat MFK sinkronkan dengan RUK/RPK

 

PJ MFK

EP 2

Dilaksanakan program pendidikan Manajemen Fasilitas dan Keselamatan bagi petugas sesuai rencana. (D,W)

 

1. Ada rekam bukti pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kerja

 

PJ MFK

EP 3

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut perbaikan dalam pelaksanaan program Manajemen Fasilitas dan Keselamatan bagi petugas. (D,W)

 

1. Ada evaluasi pelaksanaan MFK, 2. Ada intervensi TL dari hasil evaluasi sebagai upaya perbaikan, 3. Ada pemantauan peningkatan kinerja sebagai hasil dari Diklat.

 

PJ MFK

Jumlah

 

 

 

 

 

Kriteria 1.5.1

 

 

 

 

 

EP 1

Ada SK Pengelola Keuangan, legkap dengan uraian tugas, tanggungjawab dan wewenang

 

 

 

 

EP 2

 

Ditetapkan SK Penyelenggaraan manajemen Keuangan, Pedoman Pengelolaan Keyuangan, dan SOP Pengelolaan Keuangan ( perenc keu, pencairan anggaran, pertanggungjawaban keuangan, pembukuan keuangan, pelaporan keuangan, perubahan perenc keuangan

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

Kriteria 1.6.1

 

 

 

 

 


 

EP 1

Ditetapkan indikator kinerja Puskesmas sesuai dengan jenis-jenis pelayanan yang disediakan dan kebijakan pemerintah Pusat dan Daerah (R)

1. Ada SK dan SOP tentang Penilaian kinerja,  2. Ada SK Penetapan Indikator Kinerja,

3. Ada SK Penunjukan petugas penanggungjawab penilaian kinerja. Bisa dibuat SK Payung menjadi SK Peningkatan Mutu dan Kinerja Puskesmas.

 

 

 

EP 2

Dilakukan pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja secara periodik sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan, dan hasilnya diumpanbalikkan pada lintas program dan lintas sektor (R, D, W)

1. Ada SK tentang Pengawasan dan Pengendalian Kinerja, 2. Ada Pedoman pelaksanaan Pengawasan , pengendalian dan penilaian Kinerja,  3. Ada SOP untuk melaksanakan pengawasan, pengendalian dan Penilaian Kinerja ( SOP Monitoring dan Evaluasi Kegiatan ) (SOP Monitong dan Evaluasi Pelayanan Kegiatan, SOP Analisis Data PDSA, SOP Penilaian Kinerja, SOP Umpan balik ),     4. Ada SK dan SOP Umpan Balik Kegiatan.

1. Ada program kerja, 2, Ada jadwal kegiatan , 3. Ada rekam bukti pelaksanaan kegiatan pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja, sesuai dengan rencana,      4. Ada analisa dan umpan balik hasil kegiatan pada LP dan LP (GAUN).

 

Ka Pusk, PJ dan koord pelayanan….ttg pemahaman thd kegiatan pengawasan pengendalian dan penilaian kinerja

EP 3

Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja terhadap target yang ditetapkan dan hasil kaji banding dengan Puskesmas lain (D)

 

1. Ada evaluasi hasil kegiatan pengawasan pengendalian dan penilaian kinerja,  2. Ada upaya prioritas masalah,   3. Ada kegiatan intervensi tindak lanjut sebagai upaya perbaikan. 4.Ada rekam bukti dan hasil Kaji Banding.

 

 

EP 4

Dilakukan analisis terhadap hasil pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja untuk digunakan dalam perencanaan kegiatan masing-masing upaya Puskesmas, dan untuk perencanaan Puskesmas (D)

 

1. Ada Rekam bukti hasil analisis digunakan sebagai bahan perencanaan kegiatan Bulanan dan Tahunan.

 

PJ dan Koord…. Ttg hasil analisis yg digunakan sbg bahan perencanaan

EP 5

Hasil pengawasan, pengendalian dalam bentuk perbaikan kinerja disediakan dan digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki kinerja pelaksanaan kegiatan Puskesmas dan revisi perencanaan kegiatan bulanan (D, W)

 

1. Ada rekam bukti perbaikan kinerja berdasarkan pada hasil analisis,     2. Ada perbaikan / revisi perencanaan berdasarkan pada hasil analisis

 

PJ dan Koord…. Ttg hasil analisis yg digunakan sbg bahan perencanaan

EP 6

Hasil pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja dalam bentuk Laporan Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP), serta upaya perbaikan kinerja dilaporkan kepada Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota (D)

 

1, Ada rekam bukti pengiriman laporan Penilaian kinerja Puskesmas dan Laporan Upaya Perbaikannya.  2. Ada bukti verifikasi dan Umpan Balik hasil PKP dari Dinas Kesehatan

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.6.2

 

 

 

 

 

EP 1

Dilakukan lokakarya mini bulanan dan tribulanan secara konsisten dan periodik untuk mengkomunikasikan, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan upaya upaya Puskesmas (D,W)

 

1. Ada rekam bukti pelaksanaan lokakarya mini bulanan / tribulanan….. (notulen harus ada rekomendasi perbaikan dan bisa menggambarkan proses perbaikan  berkesinambungan

..PDCA/PDSA) lengkapi GAUN

 

Ka Pusk , PJ , Koord Pelayanan… ttg proses pelaksanaan minlok

EP 2

Dilakukan pembahasan permasalahan, hambatan dalam pelaksanaan kegiatan dan rekomendasi tindak lanjut dalam lokakarya mini (D,W)

 

Dalam Notulen minilokakarya harus menggambarkan permasalahan yg dibahas dan ada rekomendasi perbaikan

 

Ka Pusk , PJ , Koord Pelayanan… ttg proses pelaksanaan minlok

EP 3

Dilakukan tindak lanjut terhadap rekomendasi lokakarya mini bulanan dan triwulan dalam bentuk perbaikan pelaksanaan kegiatan. (D,W)

 

Ada rekam bukti intervensi tindak lanjut dari rekomendasi minlok, dan dilaporkan dalam minlok berikutnya

 

Ka Pusk , PJ , Koord Pelayanan… ttg proses pelaksanaan minlok

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.6.3

 

 

 

 

 

EP 1

Kepala Puskesmas membentuk tim audit internal dengan uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas. (R)

Ada SK Penunjukan Tim Audit Internal dengan Uraian Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawabnya.

 

 

 


 

EP 2

Disusun rencana program audit internal tahunan yang dilengkapi kerangka acuan audit dan dilakukan kegiatan audit sesuai dengan rencana yang telah disusun. (R)

1. Ada Pedoman Audit Internal, 2. Ada Audit Plan,

3. Ada KAK dan SOP Audit Internal.

Ada rekam bukti pelaksanaan Audit Internal sesuai dengan rencana kerja dan jadwal yang ada.

 

 

EP 3

Ada laporan dan umpan balik hasil audit internal kepada Kepala Puskesmas, Tim Mutu, pihak yang diaudit dan unit terkait. (D)

 

1. ada dokumen laporan hasil audit, dengan tembusan kepada Tim Mutu, auditee, dan unit terkait

 

 

EP 4

Tindak lanjut dilakukan terhadap temuan dan rekomendasi dari hasil audit internal baik oleh kepala Puskesmas, penanggung jawab maupun pelaksana. (D)

 

1. ada rekam bukti pelaksanaan intervensi Tindak Lanjut dari AI, Ada hasilnya..

 

 

EP 5

Kepala Puskesmas bersama dengan Tim

Ada KAK dan SOP Pertemuan

Ada Rekam bukti Pelaksanaan

 

Ka Puskesmas, PJ Mutu

Mutu merencanakan pertemuan tinjauan

Tinjauan Manajemen (PTM)

PTM sesuai KAK (GAUN), 2. Ada

dan Tim Mutu Internal

manajemen dan pelaksanaan pertemuan

Rekomendasi perbaikan dari

Puskesmas… tentang

tinjauan manajemen dilakukan dengan

hasil PTM

proses RTM dan hasilnya

agenda sebagaimana pokok pikiran. (D, W)

EP 6

Rekomendasi hasil pertemuan tinjauan manajemen ditindaklanjuti dan dievaluasi. (D)

 

1.  Ada Rekam bukti intervensi dari Rekomendasi perbaikan,

2.  Ada perubahan-2 yang diperlukan untuk perbaikan

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kriteria 1.7.1

 

 

 

 

 

EP 1

Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota menetapkan struktur organisasi Puskesmas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan. (R)

Ada SK Kepala Dinas tentang Struktur Organisasi Puskesmas ( lengkap dengan uraian tugas, tanggung jawab, wewenang dan persyaratan jabatan, serta Tata hubungan kerjanya)

 

 

 

EP 2

Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota menetapkan kebijakan pembinaan Puskesmas secara periodik (R, D)

Ada SK TPCB / TPMDK, 2. Ada

Pedoman Pelaksanaan TPCB

/ TPMDK

1. Ada program kerja pembinaan ke Puskesmas,   2. Ada jadwal pembinaan,     3. Ada Format pembinaan,   4. Ada hasil pembinaan

 

 

EP 3

Ada bukti Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/ Kota melaksanakan pembinaan secara terpadu melalui TPCB sesuai ketentuan, kepada Puskesmas secara periodik dengan menggunakan instrumen pembinaan . (D,W)

 

1. Ada surat pemberitahuan pembinaan ke puskesmas,     2. Ada Rekam bukti pembinaan oleh Dinas Kesehatan ( buku tamu, hasil feed back hasil pembinaan, rekam bukti pertemuan dsb)

 

 

EP 4

Ada bukti TPCB menyampaikan hasil pembinaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota dan memberikan feedback kepada Puskesmas (D,W)

 

Ada rekam bukti pendampingan Dinas dalam penyusunan RUK ( ada lembar verifikasi dsb…)

 

Ketua Tim Manajemen Puskesmas… ttg proses konsultasi perencanaan

EP 5

Ada bukti TPCB melakukan pendampingan penyusunan Rencana Usulan Kegiatan Puskesmas dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan. (D, W)

 

1. Ada usulan Puskesmas ke Dinas sebagai hasil rekomendasi dari minilokakarya, Ada tanggapan dari Dinas Kesehatan berupa Surat dll

 

 

EP 6

Ada bukti TPCB menindaklanjuti pelaksanaan lokakarya mini Puskesmas yang menjadi wewenang dalam rangka membantu menyelesaikan masalah kesehatan yang tidak bisa diselesaikan di tingkat Puskesmas. (D, W)

 

1. Ada dokumen PKP, 2. Ada rekam bukti verifikasi PKP oleh Dinas Kesehatan, Ada RTL dari hasil verifikasi dan umpan balik

 

Ka Pusk, Ketua tim manajemen puskesmas

EP 7

Ada bukti TPCB melakukan verifikasi dan memberikan umpan balik evaluasi kinerja Puskesmas. (D, W)

 

1. Ada feed back hasil pembinaan oleh Dinas Kesehatan,     2. Ada Rencana menindaklanjuti hasil feedback, 3 Ada rekam bukti intervensi tindak lanjut dari yang ditrencanakan. pembinaan Dinas Kesehatan ke Puskesmas

 

 

EP.8

Puskesmas menerima dan menindaklanjuti umpan balik hasil pembinaan dan evaluasi inerja oleh TPCB (D, W)

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment

accreditation of primary health facilities

CHAPTER 1 Leadership and Management of Community Health Centers; CHAPTER 2 Implementation of Public Health Efforts Oriented to Promotive an...