BAB II. Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.1.1. |
Elemen Penilaian |
REGULASI |
DOKUMEN |
WAWANCARA |
EP 1 |
Dilakukan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, keluarga dan individu yang merupakan sasaran pelayanan UKM sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan. (R,D, W)) |
Ada SK tentang jenis layanan, SOP dan KAK Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat |
Ada rekam bukti telah dilakukan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat (dikumpulkan dari berbagai sumber Data, bisa dari PIS-PK, SMD- MMD dll atau
sesuai SOP atau
KAK) , Ada hasil identifikasi, diolah dan dianalisa. Lengkapi dengan GAUN. |
|
EP 2 |
Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dianalisis bersama dengan lintas program dan lintas sektor sebagai bahan untuk pembahasan dalam menyusun
rencana kegiatan UKM. (D,W) |
|
Ada hasil identifikasi KH Masy, Ada rekam bukti pembahasan secara Lintas Program / Lintas sektor (GAUN), Ada Hasil analisa KH Masyarakat, Ada Kegiatan yg perlu difasilitasi oleh Puskesmas (cocokkan dg yg tertuang di RUK)) |
PJ Program dan Koord Pelayanan, tentang proses kegiatan untk mengidentifikasi KH |
EP 3 |
Data capaian kinerja pelayanan UKM Puskesmas dianalisis bersama lintas program dan lintas sektor dengan memperhatikan hasil pelaksanaan PIS PK sebagai bahan untuk pembahasan dalam menyusun
rencana kegiatan yang berbasis wilayah kerja. (D,W) |
|
Ada data capaian kinerja UKM, ada hasil analisis (Sesuai SOP atau KAK atau PMK 44/2016) serta
bukti pendukung proses(Dokumen Monev capaian kinerja dan GAUN) |
Koord Pelayanan, tentang proses olah data dan analisa data, terkait bahan perencanaan |
EP 4 |
Tersedia Rencana Usulan Kegiatan (RUK) UKM yang disusun secara terpadu berbasis wilayah kerja Puskesmas berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan harapan masyarakat, hasil pembahasan analisis data capaian
kinerja pelayanan UKM dengan memperhatikan hasil pelaksanaan kegiatan PIS PK (D,W) |
|
Tersedia RUK PUSKESMAS yang didalamnya ada RUK UKM
(Sesuai tahun atau siklus perencanaan N dan N+1 ) , mendasar pada hasil analisa IKH masyarakat, hasil analisa kinerja pelayanan (PKP), hasil PIS-PK, SPM dll. Ada rekam bukti proses penyusunan RUK (GAUN) |
PJ Program dan Koord Pelayanan, tentang proses penyusunan RUK masing masing Pelayanan |
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.1.2. |
|
|
|
|
EP 1 |
Terdapat kegiatan fasilitasi pemberdayaan masyarakat yang dituangkan dalam RUK dan RPK Puskesmas dan sudah disepakati bersama masyarakat sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan. (D, W) |
Ada SK dan SOP tentang Pemberdayaan Masyarakat ( ada di slide PDF) |
1.Dalam RUK / RPK tertuang kegiatan fasilitasi pemberdayaan masyarakat (tahun berjalan sesuai siklus perencanaan ) 2.Ada rekam bukti proses penyusunan (DAUN/GAUN) |
PJ UKM, Koord Pelayanan, ..tentang kegiatan pemberdayaan |
EP 2 |
Terdapat bukti keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, perbaikan dan evaluasi untuk mengatasi masalah kesehatan di wilayahnya. (D.W) |
|
1. Ada rekam
bukti keterlibatan Masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan mulai pada P1, P2 hingga P3. ( keterlibatan dalam perencanaan, dalam pelaksanaan, dalam monev, dalam intervensi masalah kesehatan masyarakat sendiri …. Contoh
: proses SMD / MMD yg benar). Lengkapi dengan GAUN, Laporan Kegiatan Lapangan, foto dll |
|
EP 3 |
Terdapat kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan UKM Puskesmas yang bersumber dari swadaya masyarakat dan atau kontribusi swasta yang tertuang dalam rencana kegiatan pelayanan UKM. (D,W) |
|
1. Ada Kegiatan UKBM,
2. Ada rekam bukti peran swasta / swadaya masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan/ GAUN, 3. Ada kontribusi pihak swasta / swadaya masyarakat dalam pelaksa pemberdayaan ( CSR)(tertuang dalam RPK PKM ). |
|
EP 4 |
Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat. (D) |
|
1.Ada data cakupan kegiatan, diolah dan dianalisi, 2. ada hasil evaluasi dan rumusan RTL (tertulis) / GAUN dll 3.Ada rekam bukti pelaksanaan TL dan evaluasinya |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.1.3. |
|
|
|
|
EP 1 |
Tersedia Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) tahunan UKM yang terintegrasi dalam Rencana Pelaksanaan
Kegiatan (RPK) tahunan Puskesmas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (R) |
1. Ada RPK Tahunan Puskesmas, 2. Ada RPK Tahunan UKM, memuat kerangka waktu pelaksanaan. 3. Ada RPK Tahunan masing-2 Pelayanan |
|
|
EP 2 |
Tersedia RPK bulanan untuk masing-masing pelayanan UKM yang disusun setiap bulan dengan kejelasan pelaksana tiap kegiatan. (R) |
1. Ada RPK Bulanan UKM,
2. Ada RPK Bulanan Pelayanan, memuat jadwal kegiatan |
Ada rekam bukti pembahasan RPK bulanan tiap bulan dalam pra / minlok |
|
EP 3 |
Tersedia Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) untuk tiap kegiatan dari masing-masing Pelayanan UKM sesuai dengan RPK yang disusun (R) |
Ada KAK Pelayanan UKM sesuai
dengan RPK bulanan. |
|
|
EP 4 |
Dilakukan evaluasi terhadap rencana pelaksanaan pelayanan UKM berdasarkan hasil pemantauan (D.W) |
|
1. Ada rekam
bukti monev pelaksanaan kegiatan pelayanan UKM,
2. Ada Hasil monev 3. Ada analisa hasil monev dan RTLnya, (PDSA) 3. Ada rekam
bukti proses evaluasi (rapat/diskusi, dll) / GAUN |
PJ UKM, dan Koord. Pelayanan… tentang proses monitoring dan evaluasi program |
EP 5 |
Jika terjadi perubahan rencana pelaksanaan pelayanan UKM berdasarkan hasil pemantauan, kebijakan atau kondisi tertentu maka dilakukan penyesuaian rencana pelaksanaan kegiatan (D) |
Ada Kebijakan tentang perubahan rencana ??? (mungkin jadi satu dengan SK Perencanaan ) |
1. Ada rekam
bukti pembahasan perubahan rencana dan alasan perubahan (GAUN), 2. Ada rekam bukti Dokumen perubahan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.2.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tersedia jadwal pelaksanaan kegiatan UKM yang disusun berdasarkan hasil kesepakatan dengan sasaran, masyarakat, kelompok masyarakat, lintas program dan lintas sektor terkait. (D,W) |
|
1.Ada jadwal pelaksanaan kegiatan UKM (UKM esensial dan Pengembangan) 2.Ada rekam bukti kesepakatan / proses penyusunan jadwal bersama (GAUN) |
|
EP 2 |
Jadwal pelaksanaan kegiatan UKM diinformasikan kepada sasaran, masyarakat, kelompok masyarakat, lintas program, dan lintas sektor melalui media komunikasi yang sudah ditetapkan (D, W). |
|
1. Ada rekam
bukti penyampaian informasi jadwal pelaksanaan kegiatan UKM (UKM esensial dan Pengembangan)melalui : 1. Pertemuan (GAUN) ; 2. Surat ke Desa/RW/RT dll. ; 3.Leafiet, Medsos dll sesuai SOP Penyampaian Informasi |
|
EP 3 |
Tersedia bukti penyampaian informasi perubahan jadwal jika terjadi perubahan jadwal pelaksanaan kegiatan (D,W) |
|
Ada rekam bukti
penyampaian informasi JIKA ADA PERUBAHAN jadwal pelaksanaan kegiatan UKM ( Papan Informasi, GRUP WA, melalui Surat dll) |
|
EP 4 |
Hasil penyampaian informasi jadwal pelaksanaan kegiatan UKM dievaluasi dan ditindaklanjuti (D.W) |
|
1. Ada hasil Evaluasi Penyampaian Informasi Jadwal Pelaksanaan UKM (kesesuaiannya dengan SOP, KAK maupun umpan balik audien), data bisa berupa Quesioner umpan balik, notulen hasil diskusi, Medsos dll. 2. Ada hasil / rekapan evaluasi beserta RTL dan TL nya sesuai masalah yang muncul. |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.2.2 |
|
|
|
|
EP 1 |
Dilakukan penyampaian informasi tentang kegiatan UKM Puskesmas, mulai dari tujuan, pentahapan, dan jadwal kegiatan pada kelompok masyarakat, masyarakat, sasaran, lintas program dan lintas sektor terkait. (D,W) |
|
1.Ada rincian kegiatan UKM,
tujuannya, tahap pelaksanaan, KAK, dan jadwal kegiatan 2. Ada rekam bukti penyampaian informasi ttg kegiatan UKM kepada sasaran, masyarakat, kelompok , LP dan LS terkait (GAUN) |
|
EP 2 |
Pelaksanaan kegiatan
dilakukan dengan metode dan teknologi yang dikenal oleh masyarakat atau sasaran. (D,W) |
|
1. Tersedia rekam
bukti pelaksanaan Kegiatan UKM yang dilaksanakan dengan metode/tehnologi yang sudah dikenal (sesui Juknis, Juklak, PMK, dll) yang dituangkan dalam KAK, SOP, dll (GAUN, Laporan dll) |
|
EP 3 |
Umpan balik/keluhan dari masyarakat, kelompok masyarakat, dan sasaran diidentifikasi dan ditindaklanjuti. (D,W) |
|
1. Ada rekam
bukti kegiatan umpan balik / keluhan / saran
dari masyarakat yang diperoleh dari media yang disediakan puskesmas( kotak saran, hasil survei,Medsos/ WA,FB dll, 2. Ada Rekapan Umpan Balik / Identifikasi Keluhan , 3.Umpan balik diidentifikasi, dianalisa, dan di TL ( Papan Pengumuman, Jawaban di Medsoso, Surat dll) |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.3.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM Puskesmas melakukan komunikasi dan koordinasi kepada lintas program dan lintas sektor terkait sesuai kebijakan, panduan dan prosedur yang ditetapkan. (D,W) |
1. Ada kebijakan / SK yang mengatur tentang Koordinasi dan Komunikasi , 2. Ada Pedoman / Panduan tentang Koordinasi dan Komunikasi, 3. Ada SOP ttg koordinasi dan komunikasi, 4. Ada KAK pelaksanaan Kegiatan |
1. Ada rekam
bukti pelaksanaan kegiatan koordinasi maupun komunikasi UKM baik UKM esensial maupun pengembangan, 2.
Ada data/catatan/informasi dari hasil koordinasi / komunikasi (Surat, Notulen, bukti Konsultasi/Diskusi, GRUP WA dll) |
|
EP 2 |
Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan komunikasi dan koordinasi yang sudah dilaksanakan (D.W). |
|
1..Ada rekam bukti hasil evaluasi (pengisian form Evaluasi ) dan bukti Tindak lanjutnya sesuai permasalahan yang muncul selama komunikasi dan koordinasi. |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.4.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Penanggung jawab UKM melakukan pembinaan kepada koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM secara
periodik sesuai dengan jadwal yang disepakati.(D,W) |
|
1. Ada jadwal pembinaan yang direncanakan oleh PJ UKM ke koordinator dan pelaksana UKM 2. Tersedia bukti pembinaan PJ ke koordinator dan pelaksana sesuai jadwal yg telah dibuat (catatan pembinaan, diskusi, rapat, presensi, ceklist, foto, dll) |
|
EP 2 |
Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM Puskesmas mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan UKM,
(D,W) |
|
1. Ada rekam bukti kegiatan monitoring dengan menggunakan media yg tersedia (ceklist monitoring, pembinaan, laporan, dll) 2. Ada data hasil monitoring, diidentifikasi dan dianalisa permasalahan / hambatan yang ditemui. |
|
EP 3 |
Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM melaksanakan tindak lanjut untuk mengatasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan UKM.(D,W) |
|
1. Ada rekam bukti pelaksanaan PDCA / PDSA,
terhadap permasalahan yang ditemukan. Ada masalah yg ditemukan (P) Ada analisa penyebab masalah (P) Ada rencana solusi dan solusi terpilih(P) Ada Implementasi pelaksanaan solusi terpilih (D) 2. Ada rekam Bukti Tindak lanjut sesuai permasalahan (ada dokumentasi alat bukti misalnya bimbingan teknis, job training, dukungan sumber daya, logistic, dll) (D) |
|
EP 4 |
Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM melakukan evaluasi dan tindaklanjut terhadap hasil pelaksanaan pada elemen penilaian 3 (tiga). (D,W) |
|
1. Ada rekam
Bukti proses evaluasi ( DAUN/GAUN) dari Intervensi TL yg dilakukan; (S) 2. Ada rekam bukti TL dari hasil evaluasi yg dilaksanakan. (A) |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.5.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Dibentuk Tim Pembina
Keluarga, tenaga administrasi dan surveior dengan uraian tugas yang jelas. (R) |
1. Ada SK tentang pembentukan Tim pembina keluarga , tenaga admin
dan surveior dengan uraian tugas yang jelas 2.
Ada Pedoman pelaksanaan PIS-PK 3. Ada SOP-2 tentang pelaksanaan PIS- PK sesuai Kebijakan dan Pedoman |
|
|
EP 2 |
Tim Pembina Keluarga melakukan kunjungan keluarga dan intervensi awal yang telah direncanakan melalui proses persiapan, dan didokumentasikan. (D,W) |
|
1. Ada Rencana kunjungan dan intervensi awal 2. Ada rekam Bukti kunjungan keluarga dan intervensi awal (Data kunjungan rumah, Laporan, foto kegiatan, dll) 3. Ada hasil kunjungan dan didokumentasikan |
|
EP 3 |
Tim Pembina Keluarga melakukan penghitungan Indeks Keluarga Sehat (IKS) pada tingkat keluarga, RT, RW, desa/kelurahan, dan Puskesmas secara manual atau secara elektronik (dengan Aplikasi Keluarga Sehat). (D) |
|
1. Ada data IKS keluarga, RT, RW, desa & Kecamatan 2. Data telah
diinput kedalam Aplikasi Keluarga sehat atau manual |
|
EP 4 |
Tim Pembina Keluarga menyampaikan informasi masalah kesehatan kepada Kepala Puskesmas, Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM untuk
bersama- sama melakukan analisis hasil kunjungan keluarga. (D,W) |
|
1. Ada rekam
bukti penyampaian informasi masalah kesehatan berdasarkan pendataan PIS PK (DAUN/GAUN) 2.Tersedia hasil analisis bersama atas hasil kunjungan keluarga |
|
EP 5 |
Tim Pembina Keluarga bersama Penanggung jawab UKM, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM menyusun intervensi lanjut kepada keluarga sesuai permasalahan kesehatan pada tingkat keluarga.(D,W) |
|
1.Ada rencana intervensi lanjut sesuai permasalahan keluarga 2.Bukti proses penyusunan rencana Intervensi Lanjut (DAUN/GAUN) |
|
EP 6 |
Penanggung jawab UKM mengkoordinir pelaksanaan intervensi lanjut. (D,W) |
|
Ada rekam jejak/proses yang membuktikan PJ UKM mengkoordinir pelaksanaan Intervensi lanjut sesuai rencana di EP sebelumnya. (DAUN/GAUN jika Rapat koordinasi PIS PK oleh PJ UKM, catatan lapangan, foto kegiatan, dll) |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.5.2 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tim pembina keluarga bersama dengan penanggung jawab UKM melakukan analisis IKS awal dan pemetaan masalah di tiap tingkatan wilayah, sebagai dasar dalam menyusun rencana intervensi lanjut secara terintegrasi lintas program dan dapat melibatkan lintas sektor terkait (D, W) |
|
1. Hasil analisis awal dan pemetaan wilayah PIS PK 2. Ada rencana intervensi lanjut 3.
Tersedia bukti proses analisis dan pemetaan dimaksud (DAUN/GAUN) ---- dianggap jelas |
|
EP 2 |
Rencana intervensi lanjut dikomunikasikan dan dikoordinasikan dalam lokakarya mini bulanan dan lokakarya triwulan Puskesmas.(D,W) |
|
1.Ada rencana intervensi lanjut sebagai bahan yang akan di sampaikan
2. Bukti dikomunikasikan dan dikoordinasikan Minilokakarya (DAUN/GAUN) ----jelas tdk perlu contoh 3.
Bukti dikomunikasikan dan dikoordinasikan Tribulanan dengan LS (DAUN/GAUN) ---jelas |
|
EP 3 |
Dilaksanakan intervensi lanjutan sesuai dengan rencana yang disusun (D,W) |
|
Bukti kegiatan mengikuti jenis intervensi lanjut yang dibutuhkan sesuai rencana (misalnya jika pelatihan –DAUN/GAUN, Jika pelayanan –laporan, foto kegiatan dll) |
|
EP 4 |
Penanggung jawab UKM Puskesmas berkoordinasi dengan Penanggung jawab UKPP, Penanggung jawab Jaringan dan Jejaring Pelayanan Puskesmas melakukan perbaikan pelaksanaan intervensi lanjutan yang dilakukan (D,W) |
|
1. Bukti koordinasi dengan Pj UKPP : rapat, diskusi, turun bersama ke lapangan, dll (DAUN/GAUN) 2.
Bukti koordinasi dengan Pjj Jaringan : rapat, diskusi, turun bersama ke lapangan, dll (DAUN/GAUN) 3.Bukti koordinasi dengan Pj Jejaring : rapat,
diskusi, turun bersama ke lapangan, dll (DAUN/GAUN) |
|
EP 5 |
Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut perbaikan pada setiap tahapan PIS PK antara lain melalui supervisi, laporan, lokakarya mini dan pertemuan-pertemuan penilaian kinerja.(D,W) |
|
1. Data
capaian, cecklist supervisi, monitoring, laporan kegiatan sebagai bahan evaluasi dan RTL 2.
Hasil evaluasi dan tindak lanjut perbaikan (dokumen, laporan evaluasi dll) 3. Bukti Proses evaluasi Hasil evaluasi dan tindak lanjut perbaikan (laporan, dll)—DAUN/GAUN ---dianggap jelas tidak perlu contoh |
|
EP 6 |
Koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM melaksanakan intervensi lanjut dan melaporkan hasil yang telah dilaksanakan kepada tim pembina keluarga dan selanjutnya dilakukan pemuktahiran/update dokumentasi. (D, W) |
|
1.
Ada Laporan hasil intervensi lanjut 2.
Ada Bukti pemutakhiran data PIS-PK |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.5.3 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkannya sasaran Germas dalam pelaksanaan kegiatan UKM Puskesmas oleh Kepala Puskesmas. (R) |
1. Ada Kebijakan Penyelenggaraan Germas ( termasuk didalamnya penetapan sasaran Germas ), 2. Ada Pedoman Penyelenggaraan Germas, 3. Ada SOP Pelaksanaan Kegiatan, 4. Ada KAK Pelaksanaan Kegiatan Germas |
|
|
EP 2 |
Dilaksanakan perencanaan pembinaan Germas secara terintegrasi dalam kegiatan UKM Puskesmas. (D,O,W) |
|
1. Ada RUK yang didalamnya terdapat rencana pembinaan Germas 2. Tersedia bukti proses penyusunan perencanaan Germas (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan upaya pelaksanaan pembinaan Germas yang melibatkan lintas program dan lintas sektor terkait untuk mewujudkan perubahan perilaku sasaran Germas. (D,W) |
|
1. Ada rekam bukti Pelaksanaan pembinaan Germas sesuai dengan rencana (rapat/pertemuan --- DAUN/GAUN, kunjungan lapangan,penyuluhan dll –Laporan kegiatan, foto,
dll) 2.
Ada bukti keterlibatan Lintas Program dan atau Lintas Sektor |
|
EP 4 |
Dilakukan pemberdayaan masyarakat, keluarga dan individu dalam mewujudkan gerakan masyarakat hidup sehat yang ditandai dengan semakin membaiknya IKS tingkat keluarga dan wilayah dan terbentuknya UKBM. (D,W) |
|
1. Ada bukti keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan Germas, 2. Ada upaya update data, 3. Ada peningkatan IKS, 4. Terbentuk kegiatan UKBM, |
|
EP 5 |
Dilakukan evaluasi dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan pembinaan gerakan masyarakat hidup sehat. (D,W) |
|
1. Ada data capaian, hasil monitoring, supervisi serta hasil evaluasi dan tindak lanjut 2. Ada rekam
bukti kegiatan evaluasi pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjutnya (DAUN/GAUN, laporan kunjungan lapangan, dll) |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.6.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tercapainya indikator kinerja pelayanan UKM esensial Promosi Kesehatan sesuai dengan yang diminta dalam pokok pikiran. (R,D). |
1. Ada Pedoman tehnis pelaksanaan kegiatan Promosi Kesehatan (mencakup Indikator Kinerja Promkes) , 2. Ada penetapan indikator kinerja Promkes dan targetnya, 3. Ada Program kerja Pelayanan Promosi Kesehatan, (sesuai RPK) 4. Ada SOP-2 Kegiatan Pelayanan Promosi, 5. Ada KAK Kegiatan Promosi Kesehatan |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Promkes sesuai target (bulanan, tigabulanan dan tahunan 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 2 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM esensial Promosi Kesehatan sebagaimana pokok pikiran, yang sudah tercantum di dalam RPK sesuai dengan kebijakan, prosedur dan kerangka acuan kegiatan
yang telah ditetapkan (D.W.O) |
|
1. Ada rencana kerja
Promkes sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Promkes
sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan (D.W.O) |
|
1.Ada rekam bukti
proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) 2 Ada hasil monitoring, 3. Ada analisa hasil monitoring kegiatan promkes. 4. Disusun rencana TL dan rekam
bukti pelaksanaan tindak lanjut |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindak lanjut berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian yang terintegrasi ke dalam RUK. (D,W) |
|
1. Disusun rencana tindak lanjut sesuai hasil pemantauan dan penilaian, ada proses penyusunannya (GAUN), 2. Ada RTL nya. |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.6.2 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tercapainya indikator kinerja
pelayanan UKM esensial Kesehatan Lingkungan (R.D) |
1. Ada Pedoman tehnis pelaksanaan kegiatan Kesehatan Lingkungan (mencakup Indikator Kinerja Keshling) , 2. Ada penetapan indikator kinerja Kesling dan targetnya, 3. Ada Program kerja Pelayanan Kesling, (sesuai RPK) 4. Ada SOP-2 Kegiatan Pelayanan Kesling, 5. Ada KAK
Kegiatan Kesling |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Kesling sesuai target (bulanan, tigabulanan dan tahunan 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 2 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM esensial Kesehatan Lingkungan sebagaimana pokok pikiran, yang sudah tercantum di dalam RPK sesuai dengan kebijakan, prosedur dan kerangka acuan kegiatan yang telah ditetapkan (D.W.O) |
|
1.
Ada rencana kerja Kesling sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Kesling sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan (D.W.O) |
|
1.Ada rencana atau jadwal pemantauan sesuai RPK , 2 . Ada rekam
bukti proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) capaian indikator , 3 Ada hasil monitoring, 4. Ada analisa hasil monitoring kegiatan Kesling. |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindak lanjut berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian yang terintegrasi ke dalam RUK (D.W.O) |
|
1. Disusun rencana tindak lanjut sesuai hasil pemantauan dan penilaian, ada proses penyusunannya(GAUN), , 2. Ada RTL nya. |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.6.3 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tercapainya indikator kinerja
pelayanan UKM Esensial Kesehatan Keluarga (R.D) |
1. Ada Pedoman tehnis pelaksanaan kegiatan Kesehatan Keluarga (mencakup Indikator Kinerja Kesehatan Keluarga) , 2. Ada penetapan/SK indikator kinerja Kesga dan targetnya, 3. Ada Program kerja
Pelayanan Kesga, (sesuai RPK) 4. Ada SOP-2 Kegiatan Pelayanan Kesga, 5. Ada KAK Kegiatan Kesga |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Kesehatan Keluarga sesuai target (bulanan, tigabulanan dan tahunan ) 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 2 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM esensial Kesehatan Keluarga sebagaimana pokok pikiran, yang sudah tercantum di dalam RPK sesuai dengan kebijakan, prosedur dan kerangka acuan kegiatan
yang telah ditetapkan (D.W.O) |
|
1.
Ada rencana kerja Kesga sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Kesga sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan. (D.W.O) |
|
1.Ada rekam bukti
proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) 2 Ada hasil monitoring, 3. Ada analisa hasil monitoring kegiatan Kesga. 4. Disusun rencana TL dan rekam
bukti pelaksanaan tindak lanjut |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindak lanjut berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian yang terintegrasi ke dalam RUK |
|
1. Disusun rencana tindak lanjut sesuai hasil pemantauan dan penilaian , ada proses penyusunannya( GAUN) , 2. Ada RTL nya |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.6.4 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tercapainya indikator kinerja
pelayanan UKM esensial Gizi. (R.D) |
1. Ada Pedoman
tehnis pelaksanaan kegiatan Pelayanan Gizi
(mencakup Indikator Kinerja elayanan Gizi) , 2. Ada penetapan indikator kinerja Gizi dan targetnya, 3. Ada Program kerja Pelayanan Pelayanan Gizi, (sesuai RPK) 4.
Ada SOP-2 Kegiatan Pelayanan Gizi, 5.
Ada KAK Kegiatan Gizi |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Pelayanan Gizi sesuai target
(bulanan, tigabulanan dan tahunan 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 2 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM esensial Gizi
sebagaimana pokok pikiran, yang sudah tercantum di dalam RPK sesuai dengan kebijakan, prosedur dan kerangka acuan kegiatan yang telah ditetapkan (D.W.O) |
|
1. Ada rencana kerja
Pelayanan Gizi sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Pelayanan Gizi sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan (D.W.O) |
|
1.Ada rekam bukti
proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) 2 Ada hasil monitoring, 3. Ada analisa hasil monitoring kegiatan Pelayanan Gizi.
4. Disusun rencana TL dan rekam
bukti pelaksanaan tindak lanjut |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindak lanjut berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian yang terintegrasi ke dalam RUK (D.W.O) |
|
1. Disusun rencana tindak lanjut sesuai hasil pemantauan dan penilaian , ada proses penyusunannya (GAUN ), 2. Ada RTL nya. |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.6.5 |
|
|
|
|
EP 1 |
Tercapainya indikator kinerja pelayanan UKM esensial Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. (R.D) |
1. Ada Pedoman
tehnis pelaksanaan kegiatan Pelayanan P2Pi
(mencakup Indikator Kinerja pelayanan P2P) , 2. Ada penetapan indikator kinerja P2Pi dan targetnya, 3. Ada Program kerja PelayananP2P, (sesuai RPK) 4. Ada SOP-2 Kegiatan PelayananP2P, 5. Ada KAK Kegiatan P2P |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Pelayanan P2P sesuai target
(bulanan, tigabulanan dan tahunan 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 2 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM esensial Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sebagaimana pokok pikiran, yang sudah tercantum di dalam RPK sesuai dengan kebijakan, prosedur dan kerangka acuan kegiatan yang telah ditetapkan (D.W.O) |
|
1. Ada rencana kerja
Pelayanan P2P sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Pelayanan P2P sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 3 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan. (D.W.O) |
|
1.Ada rekam bukti
proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) 2 Ada hasil monitoring, 3. Ada analisa hasil monitoring kegiatan Pelayanan P2P.
4. Disusun rencana TL dan rekam
bukti pelaksanaan tindak lanjut |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindak lanjut berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian yang terintegrasi ke dalam RUK (D.W.O) |
|
1. Disusun rencana tindak lanjut sesuai hasil pemantauan dan penilaian, ada proses penyusunannya (GAUN), 2. Ada RTL nya. |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.7.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkan jenis -
jenis pelayanan UKM Pengembangan sesuai dengan hasil analisa. (R) |
SK penetapan jenis pelayanan UKM Pengembangan.(tertuang dalam RUK ) |
Tersedia bukti proses penyusunan, pemilihan dan penetapan jenis layanan UKM Pengembangan (DAUN/GAUN, dll) |
|
EP 2 |
Tercapainya indikator kinerja pelayanan UKM Pengembangan. (R,D) (lihat juga KMP 1.8.1, UKM 2.9.5) |
1. Ada Pedoman tehnis pelaksanaan kegiatan Pelayanan UKM Pengembangan (mencakup Indikator Kinerja Pelayanan P2P) , 2.
Ada penetapan indikator kinerja UKM Pengembangan dan targetnya, 3. Ada Program kerja kegiatan Pelayanan UKM Pengembangan, (sesuai RPK) 4. Ada SOP-2 Kegiatan Pelayanan UKM Pengembangan , 5. Ada KAK
Kegiatan UKM Pengembangan |
1. Ada data capaian Indikator Kinerja Pelayanan UKM Pengembangan sesuai target (bulanan, tigabulanan dan tahunan 2. Ada hasil pengolahan dan analisa data |
|
EP 3 |
Dilaksanakan upaya-upaya promotif dan preventif untuk mencapai kinerja pelayanan UKM Pengembangan sebagaimana pokok pikiran (D.W.O) |
|
1. Ada rencana kerja
Pelayanan UKM Pengembangan sesuai RPK 2.
Ada jadwal pelaksanaan (Bulanan) 3. Tersedia bukti proses pelaksanaan kegiatan Pelayanan UKM Pengembangan sesuai dengan rencana (DAUN/GAUN) |
|
EP 4 |
Dilakukan pemantauan dan penilaian serta tindak lanjut secara periodik dan berkesinambungan terhadap capaian indikator dan upaya yang telah dilakukan. (D.W.O) |
|
1.Ada rekam bukti
proses pemantauan dan penilaian (Ceklist pemantauan, catatan pelaksanaan, dll) 2 Ada hasil monitoring, 3. Ada analisa hasil monitoring kegiatan Pelayanan UKM Pengembangan. 4. Disusun rencana TL dan rekam bukti pelaksanaan tindak lanjut |
|
EP 5 |
Dilaksanakan pencatatan dan pelaporan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. (D.W.O) |
SOP Pencatatan dan pelaporan |
Ada bukti pencatatan dan pelaporan |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.8.1 |
|
|
|
|
EP 1 |
Penanggung Jawab UKM menyusun kerangka acuan dan jadwal supervisi pelaksanaan pelayanan UKM Puskesmas. (R,D) |
1. Ada Program kerja
Monitoring dan supervisi pelaksanaan pelayanan UKM Puskesmas, 2. Ada KAK. |
1. Ada KAK Monitoring / Supervisi Pj UKM 2.
Ada Jadwal Supervisi Pj UKM |
|
EP 2 |
Kerangka acuan dan jadwal supervisi pelaksanaan pelayanan UKM Puskesmas diinformasikan kepada koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM
. (D.W) |
|
1. Ada Jadwal Supervisi 2. Ada format supervisi / ceklis dsb,
3. Ada rekam bukti proses penyampaian informasi KAK dan jadwal supervisi, |
|
EP 3 |
Koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM Puskesmas melaksanakan analisis mandiri terhadap proses pelaksanaan kegiatan UKM Puskesmas sebelum supervisi dilakukan. (D,W) |
|
1. Ada data dan informasi yang telah dikumpulkan oleh masing masing koordinator dan pelaksana kegiatan 2. Tersedia hasil analisis pelaksanaan kegiatan secara mandiri masing-masing koordinator dan pelaksana UKM, 3. Ada Rencana yg akan dilakukan dalam supervisi |
Pengisian data pelaksanaan kegiatan secara mandiri masing-masing koordinator dan pelaksana UKM |
EP 4 |
Kepala Puskesmas dan Penanggung jawab UKM Puskesmas melakukan supervisi sesuai dengan kerangka acuan kegiatan
supervisi dan jadwal yang disusun. (D,W) |
|
1. Ada KAK Supervisi Pj UKM 2.
Ada Jadwal Supervisi Kepala Puskesmas 3. Ada Jadwal Supervisi Pj UKM 4. Tersedia bukti proses pelaksanaan supervisi sesuai jadwal dan KAK |
|
EP 5 |
Kepala Puskesmas dan Penanggung jawab UKM Puskesmas menyampaikan hasil supervisi kepada Koordinator pelayanan dan pelaksanan kegiatan (D,W) |
|
1. Data hasil supervisi Kapus
2. Data hasil supervisi Pj UKM 3. Ada rekam Bukti penyampaian Data hasil supervisi / umpan balik hasil supervisi, 4. Ada rekomendasi perbaikan |
|
EP 6 |
Koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM menindaklanjuti hasil supervisi dengan tindakan perbaikan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. (D,W) |
|
1. Catatan yang perlu ditindak lanjuti dari hasil supervisi Kapus dan PJ UKM yang perlu ditindaklanjuti koordinator dan pelaksana UKM ( rekomendasi hasil supervisi) 2. Ada rekam Bukti telah dilakukan tindak lanjut sesuai hasil supervisi Kapus dan PJ UKM |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.8.2 |
|
|
|
|
EP 1 |
Dilakukan pemantauan kesesuaian pelaksanaan kegiatan terhadap kerangka acuan dan jadwal kegiatan pelayanan UKM.
(D, W) |
|
1.Ada jadwal dan pemantauan yang direncanakan oleh PJ UKM. 2.Tersedia KAK kegiatan UKM yang akan di pantau. 3.Tersedia bukti pelaksanaan pemantauan sesuai jadwal / KAK |
|
EP 2 |
Dilakukan pembahasan terhadap hasil pemantauan dan hasil capaian kegiatan pelayanan UKM oleh Kepala Puskesmas, Penanggung jawab UKM Puskesmas, koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM dalam lokakarya mini bulanan dan lokakarya mini triwulan. (D,W) |
|
1. Ada data hasil pemantauan pelaksanaan kegiatan UKM
2.
Data diolah dan dianalisa, 3. Tersedia rekam Bukti pembahasan melalui Minilokakarya / pra minlok (GAUN), 4. Ada rekomendasi perbaikan |
|
EP 3 |
Penanggung jawab UKM Puskesmas, koordinator pelayanan dan pelaksana melakukan tindak lanjut perbaikan berdasarkan hasil pemantauan. (D,W) |
|
1.Ada rencana tindak lanjut sesuai hasil pembahasan dan pemantauan (sesuai rekomendasi) 2. Tersedia bukti pelaksanaan tidak lanjut |
|
EP 4 |
Kepala Puskesmas dan Penanggung jawab UKM bersama Lintas Program dan Lintas Sektor terkait melakukan penyesuaian rencana kegiatan berdasarkan hasil perbaikan dan dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan dan harapan masyarakat atau sasaran.(D,W) |
|
1.Ada penyesuaian rencana (jika diperlukan) 2.Tersedia bukti proses perbaikan jika ada penyesuaian rencana (diskusi, rapat, dll) |
|
EP 5 |
Penanggung jawab UKM Puskesmas menginformasikan penyesuaian rencana kegiatan kepada koordinator pelayanan, pelaksanan kegiatan, sasaran kegiatan, lintas program dan lintas sektor terkait. (D,W) |
|
1.Ada jadwal baru atau penyesuaian rencana kegiatan yang akan
di kordinasikan (jika diperlukan) 2. Tersedia bukti koordinasi terhadap penyesuaian rencana dengan koordinator, pelaksana, sasaran, LP dan LS |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.8.3 |
|
|
|
|
EP 1 |
Ditetapkan indikator kinerja pelayanan UKM. (R) |
1. Ada SK penetapan Indikator kinerja UKM Bisa jadi satu dengan SK Payung ttg Pengawasan Pengendalian dan Penilaian Kinerja (lihat 1.5.1.1-2) |
|
|
EP 2 |
Koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM melakukan pengumpulan data capaian indikator kinerja pelayanan UKM sesuai dengan periodisasi pengumpulan yang telah
ditetapkan. (D,W) |
|
Tersedia data capaian pelayanan UKM (periode - sesuai kebijakan puskesmas) oleh koordinator dan pelaksana kegiatan (bulanan, tigabulanan dan tahunan) |
|
EP 3 |
Penanggung Jawab UKM dan Koordinator pelayanan serta pelaksana kegiatan melakukan pembahasan terhadap capaian kinerja bersama dengan lintas program. (D,W) |
|
1. Ada rekam
bukti pertemuan pembahasan hasil kinerja ( pra minlok / minlok), 2. Ada hasil pembahasan ( analisa data capaian dan RTL nya ), |
|
EP 4 |
Disusun rencana tindaklanjut berdasarkan hasil pembahasan capaian kinerja pelayanan UKM. (D,W) |
|
1. Ada rencana tindak lanjut sesuai hasil pembahasan capaian kinerja UKM 2.Tersedia bukti proses penyusunan RTL nya (GAUN) |
|
EP 5 |
Dilakukan pelaporan data capaian
kinerja beserta kegiatan UKM kepada
Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota. (D) |
|
1.Ada bukti pelaporan kinerja yang dikirim ke Dinkes (periode laporan sesuai kebijakan masing-masing daerah) 2.
BuktI pengiriman pelaporan kinerja (bisa terpisah, bisa bersama dengan semua kegiatan puskesmas |
|
EP 6 |
Ada bukti umpan balik (feedback) dari Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/kota terhadap laporan upaya perbaikan capaian kinerja pelayanan UKM Puskesmas secara periodik. (D) |
|
Ada umpan balik dari Dinkes terhadap laporan yang dikirim |
|
EP 7 |
Dilakukan tindak lanjut terhadap umpan balik dari Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota. (D) |
|
1. Ada rekam
bukti pembahasan hasil feedback dari Dinas Kesehatan ( GAUN), 2.Ada rencana tindak lanjut sesuai hasil umpan balik dari Dinkes 3.Tersedia bukti tindak lanjut |
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA 2.8.4 |
|
|
|
|
EP 1 |
Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab UKM , Koordinator pelayanan dan pelaksana kegiatan UKM melakukan pembahasan penilaian kinerja paling sedikit dua kali setahun (D,W) |
|
1. Ada rekam
bukti pertemuan pembahasan hasil penilaian kinerja secara periodik sesuai dengan rencana kerja( GAUN)
, 2.
Ada hasil pembahasan , analisa dan RTL nya. |
|
EP 2 |
Disusun rencana tindak lanjut terhadap hasil pembahasan penilaian kinerja pelayanan UKM (D,W). |
|
1.Ada rencana tindak lanjut sesuai hasil pembahasan kinerja 2.Tersedia bukti proses penyusunan rencana tidak lanjut |
|
EP 3 |
Hasil penilaian kinerja dilaporkan kepada dinas kesehatan daerah kabupaten/kota (D) |
|
1. Ada Laporan kinerja sesuai tahun berjalan (siklus pelaporan) 2.Ada bukti pengiriman laporan kinerja dimaksud |
|
EP 4 |
Ada bukti umpan balik (feedback) dari Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/kota terhadap laporan hasil penilaian kinerja pelayanan UKM (D) |
|
Ada umpan balik dari Dinas atas laporan yang dikirim |
|
EP 5 |
Hasil umpan balik (feedback) dari dinas kesehatan daerah kabupaten/kota ditindaklanjuti. (D) |
|
1.Ada tindak lanjut atas umpan balik dari Dinas atas laporan yang dikirim 2.
Tersedia bukti tindak lanjut |
|
Jumlah |
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment